Sejarah Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan

Hallo agan sekalian...
Agan sekalian pasti tau lagu ninabobo kan? Ninabobo adalah lagu yang sering dinyanyikan orangtua kita kepada kita saat kecil sebelum tidur.

Fakta dan Misteri

 Lagu yang disebut juga Lullaby ini memiliki lirik sederhana, mudah diingat dan sering kita nyanyikan ini ternyata memiliki sejarah yang bisa dibilang menyeramkan.

Penasaran dengan sejarah dibalik lagu Nina Bobo ini? Mari kita bahas.


Versi Helenina

sejarah lagu nina bobo
Versi pertama dari asal usul lagu pengantar tidur Nina Bobo ini katanya bermula dari sebuah keluarga kecil yang memiliki satu orang anak perempuan bernama Helenina yang merupakan campuran Belanda-Jawa; sang ayah kelahiran Belanda bernama Van Rodjnik, ibunya wanita Jawa bernama Mustika.
Helenina atau yang dipanggil Nina, memiliki masalah kesulitan tidur. Maka Mustika selalu bersenandung setiap malam untuk menidurkan Nina dan Nina pun jadi ketergantungan dengan senandung pengantar tidur dari ibunya.
Atas saran dari ayahnya, sang ibu menciptakan liriknya dan tidak bersenandung lagi. Lirik lagunya sama seperti yang kita ketahui sekarang; “Nina bobo ooh nina boo.. kalau tidak bobo digigit nyamuk..”
Setiap malam ibunya selalu menyanyikan lagu tersebut, hingga pada suatu waktu Nina sakit parah lalu meninggal dunia. Nina meninggal pada umurnya yang masih 6 tahun dan meninggalkan kesedihan yang mendalam pada orang tuanya.
Pada suatu malam, ayahnya Nina menemukan Mustika sang ibu sedang menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasa dia nyanyikan untuk Nina. Mustika bercerita kalau dia selalu mendengar suara Nina menangis minta dinyanyikan lagu Nina Bobo. Maka setiap malam walaupun anaknya sudah meninggal dunia, sang ibu terus menyanyikan lagu itu sampai akhirnya dia juga meninggal dunia.
Setelah Mustika meninggal dunia, giliran Van Rodjnik yang dihantui oleh anaknya sendiri yang meminta dinyanyikan lagu pengantar tidur “Nina Bobo” yang selalu dinyanyikan ibunya itu. Hal ini membuat pikiran Van Rodjnik menjadi terganggu dan dia pun mulai menyanyikan lagu “Nina Bobo” berulang-ulang hingga dia meninggal dunia.  Konon katanya kalau kita menyanyikan lagu “Nina Bobo”untuk menidurkan anak kita, arwah Nina datang dan membuat anak kita tidur terlelap.

Baca juga : Pembentukan Planet dan Jagat Raya

Versi Nina Mijk

sejarah lagu nina bobo
Sejarah lagu nina bobo yang lainnya bercerita tentang seorang gadis yang bernama Nina Mijk, dia berasal dari keluarga musisi Belanda yang ingin mengembangkan karirnya di Indonesia. Semuanya berawal dari suatu malam ketika hujan deras disertai petir, Nina tiba-tiba berubah menjadi seperti bukan dirinya.

Dia menjerit-jerit, badannya melipat lentur seperti sedang kayang, dan mengumpat seperti kesurupan. Kejadian mengerikan ini terjadi setiap malam dan membuat seluruh keluarga kebingungan. Ibunya Nina sangat sedih melihat kejadian ini karena Nina harus diikat/ dipasung supaya tidak melukai dirinya yang setiap harinya semakin kurus dan pucat.
Keadaannya yang menjadi tidak normal ini membuat ayahnya tidak kuat melihatnya dan kembali ke negaranya, meninggalkan Nina dan ibunya. Keadaan menjadi semakin mencekam ketika satu per satu pembantu pun pergi karena ketakutan, jadi dalam rumah yang makin tak terurus itu hanya tinggal Nina yang masih terkunci di kamarnya dan ibunya.
Pada suatu malam, Nina tidak lagi menjerit-jerit seperti malam biasanya. Hening dan ibunya yang penasaran mengintip kamar Nina. Dia melihat Nina duduk diatas tempat tidurnya sambil menangis, malam itu ibunya seperti melihat Nina anaknya yang sebenarnya.
Walaupun penampilan Nina menyeramkan; mata menghitam, rambut berantakan, pucat, Ibunya kemudian masuk dan memeluk Nina yang sedang menangis. Nina meminta ibunya menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya karena dia sudah sangat lelah.
Diiringi dengan nyanyian ibunya “Nina bobo ooh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk”, Nina pun tertidur dan akhirnya dia pun tertidur dalam dan tidak terbangun lagi.
Itulah beberapa versi tentang Sejarah nina bobo. terimakasih


Title: Sejarah Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan
Posted by:Unknown
Published :2015-07-16T04:20:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Sejarah Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan

2 Responses to "Sejarah Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan"