6 Fakta-Fakta Unik Tentang Bulan

Sebagai satu-satunya satelit yang selalu menemani bumi,fakta-fakta unik tentang Bulan memang menarik untuk disimak. Terlebih lagi beberapa dari fakta unik tentang bulan ini bisa dibilang tidak terduga.

 Baiklah mari kita bahas beberapa dari fakta unik tentang Bulan.

1. Usia Bulan

Para ahli memperkirakan bahwa usia bulan saat ini adalah 4.5-4.6 Miliar tahun. Namun tahukah anda berapa usia bulan saat ini? Usia bulan saat ini adalah sekitar 5.3 Miliar tahun, lebih tua dari bumi.

2. Semakin ke Atas, Permukaannya Semakin Keras

Biasanya semakin dalam sebuah planet, maka teksturnya pun semakin keras. Namun hal itu tidak terjadi pada bulan. Faktanya semakin ke atas, permukaan bulan semakin keras. Karena itulah pertahanan permukaan bulan terhadap meteor sangat keras.

3. Batuan Yang Ada di Bulan

Hingga saat ini para ahli belum dapat memecahkan asal-usul bebatuan dan debu yang berada di bulan. Sebab komposisi pembentuk bulan sangat berbeda dengan komposisi bebatuan yang ada di dalamnya. Ekspedisi yang dilakukan oleh Apollo pernah menemukan batu yang beratnya mencapai 380 kilogram. Dengan beratnya yang sangat besar, mereka yakin bahwa batuan tersebut mengandung logam-logam yang unik dan langka. Tekstur logam tersebut sangat keras, tahan terhadap panas dan memiliki sifat anti-oksidasi. Logam ini tidak terdapat di alam.
Para peneliti yang berkesempatan mengebor bagian terluar bulan juga mengalami kesulitan. Mereka justru menemukan sebuah mineral yang mengandung titanium, uranium 236 dan neptunium 237 di bagian dalam bor yang mereka gunakan tadi. Bahan-bahan super keras dan anti karat seperti ketiga unsur tadi sangat tidak mungkin terbentuk secara alamiah. Sebab ketiga unsur tadi biasa digunakan sebagai bahan pembuat pesawat stealth. Batuan di bulan juga mengandung magnet, bahkan sangat magnetik. Padahal bulan tak memiliki medan magnet seperti bumi.

4. Terdapat Air Yang Menguap

Foto Air Di Bulan Oleh Unik SegiEmpat
Fenomena yang direkam oleh seorang astronot ini terjadi pada tanggal 7 Maret 1971. Dalam reakaman tersebut terlihat adanya air yang melewati permukaan bulan. Uap air tersebut mampu bertahan hingga 14 jam dan menutupi permukaan pemukaan bulan hingga 100 mil persegi.

5. Bulan Semakin Jauh

Ternyata setiap tahunnya bulan semakin jauh dari kita. Bulan menjauhi bumi sekitar 3.8 cm per tahun. Sekarang bulan lebih dari 238.000 kilometer dari Bumi, tetapi ketika itu terbentuk, itu hanya 14.000 mil. 

6. Orbit Bulan Yang Aneh

Foto Orbit Bulan Oleh Unik SegiEmpat
Saat kebanyakan planet dan satelit memiliki orbit yang bebentuk elips, maka lain halnya dengan bulan. Sebab orbit bulan merupakan satu-satunya orbit yang bentuknya hampir menyerupai bentuk bulat sempurna. Berat utamanya terletak 6.000 kaki lebih dekat daripada pusat geometrisnya. Padahal dengan kondisi seperti itu, seharusnya bulan memiliki orbit melengkung. Hingga kini, para ilmuwan belum bisa mendapatkan jawaban mengapa bulan begitu stabil pada porosnya.



Title: 6 Fakta-Fakta Unik Tentang Bulan
Posted by:Unknown
Published :2015-07-13T13:46:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
6 Fakta-Fakta Unik Tentang Bulan

0 Response to "6 Fakta-Fakta Unik Tentang Bulan"

Posting Komentar