7 Fakta menakjubkan Tentang Bumi


        Bumi adalah planet ketiga dari matahari dan juga merupakan satu-satunya planet yang saat ini memiliki unsur kehidupan di dalamnya.


Bumi sudah terbentuk sekitar 4.5 miliar tahun yang lalu. Tapi tahukah anda bahwa bumi memiliki fakta menakjubkan yang mungkin saat ini belum kita ketahui?



Baiklah kali ini saya akan berbagi tentang beberapa fakta menakjubkan tentang bumi kita yang mungkin belum anda ketahui.

1. Bumi Bukanlah Berbentuk Lingkaran Sempurna

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi
Bumi adalah sebuah bola raksasa, namun karena adanya gaya gravitasi, maka terdapat banyak tonjolan di sekitar garis khatulistiwa.

2. Asal Nama Bumi

Setiap nama planet yang terdapat pada tata surya kita diambil dari bahasa Romawi atau Yunani. Bumi berasal dari kata Anglo-Saxon Erda yang berarti tanah. Tetapi ironisnya, sekitar 70% materi yang ada di bumi adalah air.

3. Bumi Berputar Bukan 24 Jam Dalam Satu Hari

Orang-orang sering bilang bahwa tidak cukup waktu dalam sehari. Mereka benar karena bulan berputar hanya 23 jam 56 menit 4 detik dalam sehari, dan bukan tepat 24 jam.

4. Bumi Satu-satunya Planet Berlempeng Tektonik

Para ilmuwan percaya bahwa Bumi ini tediri dari 7 lempengan utama kerak bumi yang bergerak ke arah berbeda sampai 4 inci per tahun. Jika mereka bertubrukan, maka penyebab gunung berapi dan gempa bumi bisa dijelaskan. Meski terdengar mengerikan, namun kabar baiknya adalah kegiatan gerakan lempeng ini memungkinkan karbon untuk didaur ulang. Dan ternyata Tuhan menciptakan sesuatu di dunia ini selalu ada manfaatnya.

5. Bumi Memiliki Planet kembar Bernama Theia

Para Ilmuwan percaya bahwa dulu sekitar 4.5 Miliar tahun yang lalu Bumi tidak sendirian mengelilingi matahari. Tetap suatu ketika Theia menabrak bumi dan menjadi material penciptaan bulan. Kenapa ilmuwan berpikir seperti itu? Karena Bulan memiliki isotop logam yang sama dengan bumi.


6. Suhu Terdingin dan Terpanas Bumi

Anomali cuaca di Bumi memang seringkali terjadi. Dan di manakah suhu terdingin dan terpanas di Bumi ini yang pernah diteliti? Antartika (Kutub Selatan) memiliki suhu -100 derajat F. Namun titik terdingin justru terjadi saat musim dingin di Vostok Station, Antartika pada 1983 dengan mencapai -128,6 derajat F. Sementara suhu terpanas terjadi pada 13 September 1922 di El Azizia, Libya dengan 136 derajat Fahrenheit.

7. Titik Tertinggi Bumi Bukan Mount Everest

Gunung Everest adalah salah satu yang paling terkenal di dunia dengan ketinggian mencapai 8.849 mdpl (sekitar hampir 3 gunung Semeru disusun ke atas). Namun rupanya Everest bukanlah titik tertinggi. Setelah fakta bahwa Bumi tidak bulat sempurna, maka Khatulistiwa memiliki jarak lebih dekat ke bintang. Itu berarti gunung Chimborazo di Ekuador dengan tinggi sekitar 6.267 mdpl bisa dianggap titik tertinggi. Karena apa? Chimborazo terletak di garis ekuator dengan ‘benjolan’ yang lebih tinggi daripada pusat bumi sehingga ketinggiannya 1,5 mil lebih daripada Everest. Percaya?
Title: 7 Fakta menakjubkan Tentang Bumi
Posted by:Unknown
Published :2015-07-13T02:32:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
7 Fakta menakjubkan Tentang Bumi

0 Response to "7 Fakta menakjubkan Tentang Bumi"

Posting Komentar