70 Makhluk Mitologi dari Penjuru Dunia (Part 2)

Kali ini akan saya lanjutkan artikel tentang Makhluk Mitologi-nya
Baca Part 1-nya disini.

31. Argus Panoptes
 


Merupakan sosok laki-laki yang mempunyai mata banyak. Pada awalnya dikatakan ia mempunyai 4 mata, tapi kemudian dikatakan mempunyai ratusan mata. Ia banyak diceritakan dan muncul dalam banyak cerita petualangan. Dia membunuh banteng yang mempora-porandakan Arcadia. Dia membunuh Satyr karena mencuri sapi. Dia membunuh Echidna. Dia membalas dendam kematian Apis. Argus dibunuh oleh Hermes, ketika ia menjaga Io untuk Hera.

32. Hecatoncheires
 

PhotobucketHecantoncheires berarti “seratus tangan”. Mereka besar sekali, mempunyai 50 kepala dan seratus tangan yang mempunyai kekuatan hebat. Ada 3 makhluk ini yaitu : Briareus yang juga dipanggil Aegaeon, Cottus, dan Gyges yang juga dipanggil Gyes. Mereka lahir dari Gaia dan Uranus. Karena hubungan mereka yang buruk dengan Uranus, maka mereka dipaksa Uranus untuk kembali lagi kedalam rahim Gaia. Hal ini menyebabkan pemberontakan Gaia terhadap Uranus. Ketika Cronus mempunyai kekuatan ia memenjarakan mereka di Tartarus. Mereka dibebaskan oleh Zeus dan bertarung bersama Zeus melawan Titans. Mereka bisa melemparkan batu-batu yang sangat besar 100 kali lebih banyak daripada lawannya. Salah satu dari mereka Briareus menjadi penjaga Zeus.

33. Chrysaor
 

Chrysaor merupakan saudara dari Pegasus. Sedikit yang dapat diketahui dari Chrysaor tetapi kemudian ia dikenal sebagai prajurit yang berhati kuat dan gagah berani. Namanya berarti pedang emas. Dia berayahkan Geryon. Penampilannya tidak diketahui, tetapi berdasarkan cerita ia tidak terlihat sebagai pada umumnya. Dia kemungkinan sebesar raksasa.

34. Elf
 

Elf adalah makhluk yang lahir dari mitologi Jerman. Elf biasanya berwujud manusia yang sangat kecil dan biasanya mempunyai tugas sebagai dewa kesuburan, biasanya dalam penggambarannya Elf adalah seorang pria muda atau wanita muda yang sangat cantik yang tinggal di hutan dan bawah tanah. Mereka digambarkan dengan keistimewaan yaitu hidup abadi dan kekuatan sihir.

35. Leviathan
 

Leviathan adalah salah satu monster laut yang paling melegenda. Leviathan adalah salah satu tokoh di Talmud Yahudi (Perjanjian lama, Alkitab) yang merupakan seekor monster ganas yang mengarungi samudera.Leviathan dikatakan sebagai yang terbesar, ular naga laut (sea serpent) yang terbesar, dan terkuat, dan di Alkitab dilambangkan sebagai sesuatu yang jahat. Menurut legenda Yahudi kuno, Leviathan memakan satu ekor paus dalam sehari dan memiliki mata yang bercahaya didalam kegelapan malam ketika Leviathan melompat di samudera dan menyerang kapal.

Hydra memang tidak tinggal di laut, tapi ia tinggal di rawa. Tetapi karena rawa bakau itu memiliki jalur ke laut juga, Hydra juga digolongkan sebagai sea serpent (ular naga laut). Hydra muncul didalam legenda Yunani kuno. Hydra adalah ular berkepala banyak yang bersenjatakan racun hydra yang legendaris dan tidak bisa disembuhkan, karena racun hydra akan langsung melelehkan kulit. Setiap giginya mengandung racun mematikan. Dan dikatakan bahwa Hydra tidak dapat mati. 

36. Learnaean Hydra
 

Hydra dikalahkan oleh Hercules, putra Zeus. awalnya Hercules kewalahan karena setiap kepala Hydra dipotong, tumbuh yang baru terus-menerus. Akhirnya putra Zeus membakar setiap kepala yang dipotongnya dan mencegah tumbuhnya kepala Hydra, dan ketika tinggal kepala utama yang tersisa, dengan segenap kekuatannya, Hercules memenggal ular itu untuk selama-lamanya. Racun hydra kemudian dipakai oleh Hercules untuk dioles di anak panahnya.

37. Jormungandr
 

Jörmungandr adalah ular raksasa dalam legenda bangsa Viking. Jörmungandr adalah sea serpent putra Loki, saudara angkat dari Thor, dewa petir Viking pembawa palu legendaris, Mjolnir. Jörmungandr sering mengganggu keamanan laut dengan menyerang kapal2. Jörmungandr satu jenis dengan Leviathan. Pada akhirnya, Jörmungandr dikalahkan oleh Thor.

38. Nymph
 

Dalam mitologi Yunani, Nymph adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris yang berwujud wanita, tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Mereka diidentikkan dengan peri, atau bidadari yang tinggal di alam bebas. Mereka personifikasi dari alam, dan spirit dari tempat-tempat tertentu yang dapat ditemukan di alam liar, seperti sungai, pepohonan, air terjun, mata air, gunung, dan sebagainya. Mereka terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan tempat dimana mereka bisa ditemukan. Contohnya: Dryad dan Hamadryad (Nymph yang tinggal di pepohonan); Naiad (Nymph air); Oread (Nymph di pegunungan).

39. Hippogriff
 

Hippogriff adalah bangsa makhluk legendaris yang masih berkerabat dekat Griffin, yang seringkali dilukiskan sebagai makhluk berwujud setengah burung rajawali/elang, dan setengah kuda. Kepala dan badan depannya menyerupai rajawali sedangkan tubuh bagian belakangnya berupa tubuh dan kaki kuda. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil perkawinan antara kuda dengan Griffin.
Kesimpulannya, Hippogriff memang seperti Griffin, namun ia lebih jinak sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Dalam dongeng-dongeng dan kisah fiksi fantasi, Hippogriff sering berperan sebagai hewan peliharaan atau kendaraan bagi ksatria dan/atau tukang sihir. Hal itu membuat Hippogriff menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau tempat-tempat jauh, nyaman ditunggangi, dan secepat kilat.

40. Typhon
 

Typhon anaknya Gaia dengan Tartarus. monster terseram yg pernah ada. Ratusan kepalanya naga muncul dari punggungnya dan digambarkan sampai menyentuh bintang2. racun menetes dari matanya. mulutnya menyemburkan lava dan batu2 membara.
Waktu mengangkat gunung Aetna dalam perang melawan dewa2 Olympus, Zeus menyerangnya dengan ratusan petir, sehingga ia kalah dan tertindih gunung tersebut.

41. Nemean Lion
 

The Nemean lion adalah monster ganas dalam mitologi yunani. Nemean Lion adalah anak dari Typhon dengan Echidna, saudara Theban Sphinx.Diceritakan bahwa Nemean Lion dikalahkan oleh Hercules dengan tangan kosong karena tidak ada senjata yg dapat melukai Nemean Lion. Setelah Nemean Lion dikalahkan, kulitnya dijadikan mantel oleh Hercules.


42. Nekomata
 

Nekomata atau kucing kegelapan, merupakan makhluk dalam mitologi japan, merupakan makhluk yang mampu mengendalikan kematian, dan memiliki kekuatan hitam, dalam mitos perang sembilan dewa nekomata memiliki lambang kegelapan , di kisahkan nekomata merupakan kucing dengan dua sayap hitam malaikat dan dua ekor,dan mampu mengubah wujud menjadi manusia.
secara turun menurun nekomata diceritakan sebagai kucing yang berevolusi dari dendam karena siksaan pemiliknya.

43. Basilisk
 

dalam mitologi yunani merupakan raja dari reptil ( serpent ), bila di deskripsikan berbentuk ular, atau kadal, dengan tonjolan tengkorak di dahi. kabarnya siapapun yang melihat matanya akan tewas ( ada dalam sekuel harry poterr chamber secret )

44. Goblin
 

Goblin adalah sejenis makhluk supernatural/Jin yang muncul dalam dongeng-dongeng dan kisah-kisah fiksi fantasi. Mereka memiliki tinggi berkisar antara 30 cm sampai dengan 2 m. Biasanya kulit mereka berwarna hijau.
Dalam cerita rakyat eropa Goblin merupakan bangsa peri atau makhluk supernatural. Ukuran tubuh mereka kecil dan kadangkala tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka dilukiskan sebagai makhluk mungil berwarna hijau dan bertelinga runcing.
Goblin erat kaitannya dengan api dan memiliki kemahiran untuk menciptakannya.
Menurut versi lain dalam beberapa dongeng dan kisah fantasi, Goblin merupakan bangsa makhluk yang buas dan ganas. Mereka tinggal di gua-gua yang gelap atau di bawah tanah. Ras mereka diidentikkan dengan makhluk jahat dan merupakan petarung yang brutal. Mereka dilukiskan sebagai makhluk berbadan tegap seperti manusia, berkulit hijau, telinganya lancip, dan berwajah sangar dan mengerikan. Kadang-kadang mereka menculik bayi dan memangsa manusia.

45. Dwarf
 

Dwarf adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman.
Dalam mitologi, penggambaran diri dwarf adalah rupanya yang seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga merupakan pembuat senjata dan tukang besi yang mahir. Mereka biasanya memperdagangkan barang-barang dari logam.

46. Golem
 

Golem pertama kali muncul dalam legenda-legenda Yahudi..
Ini berdasarkan kepercayaan bahwa manusia diciptakan dari tanah liat. Maka, penyihir-penyihir Yahudi pun berlomba2 menciptakan sejenis manusia. Golem sendiri berarti batu , palsu , atau budak dalam bahasa Hebrew kasar.
Bahkan, ada cerita diantara umat Yahudi, kalau Suleiman The Great pun menciptakan Golem2 untuk membangun kerajaan nya serta menjadi pelindung istana. Golem sendiri tidak semuanya berbentuk manusia. Golem berbentuk manusia, merupakan yg paling populer karena mitosnya paling berhubungan.

47. Rusalka
 


Menurut beberapa cerita rakyat,Rusalka adalah wanita setengah ikan yang tinggal di dasar sungai,pada tengah malam,ia keluar dari sarangnya dan menari di padang rumput,mereka memancing manusia untuk ikut ke dasar sungai dengan lagu dan tariannya yang memukau untuk hidup bersama mereka. Cerita tentang rusalka berkaitan dengan hantu jerman Nix dan hantu irlandia Banshee 


Rusalka adalah roh dari anak perempuan yang meninggal sebelum dibaptis,atau dibunuh ibunya dengan cara ditenggelamkan, mereka tidak akan menggangu jika manusia tidak mendekati, roh anak tersebut akan bergentayangan di sungai sekitar hutan memohon agar dibaptis supaya mereka tenang di alam baka. 

Tempat hidupnya tepat di perairan dimana dia mati, pada malam hari Rusalka bisa keluar dari air, memanjat pohon, menyanyikan lagu dan menyisir rambutnya atau bergabung dengan rusalka lain untuk menari di padang rumput.


Beberapa versi rusalka di beberapa negara 
- UKRAINA : Rusalka selalu hidup di air
- BELORUS : dia berada di ladang yang subur,berwujud wanita cantik yang telanjang
- RUSIA : Rusalka berwujud Wanita dengan dada besar
- di Utara Eropa : digambarkan dengan sosok wanita yang sangat jelek yang tubuhnya tertutupi rambut.

48. Lilith
 

Lilith adalah iblis betina berasal dari Babilonia yang suka mencuri anak-anak manusia. Orang-orang Ibrani mengadopsi ini dan menganggap Lilith adalah istri pertama Adam yang sama-sama diciptakan dari tanah. Karena sama-sama dari tanah, Lilith menganggap posisinya setara dengan Adam. Adam menolak persamaan ini, dan Tuhan membuang Lilith jauh dari sorga. Lilith bertemu dengan Lucifer dan dari hasil penyatuannya lahirlah jutaan iblis-iblis penggoda manusia.

Ada juga versi yg menyebutkan bahwa Lilith sejak semula memang bukan manusia. Tampak seperti manusia (wanita), tetapi bukan. Lilith adalah salah 1 dari fallen angels yg mencoba mendekati Adam untuk mencemari keturunannya. Karena itu kemudian Eve (hawa) diciptakan bagi sebagai penolong yg sepadan bagi Adam. Lilith kemudian meninggalkan Adam untuk menjadi istri Lucifer & melahirkan banyak iblis. 

Konon Lilithlah yg menjelma menjadi ular untuk menipu Eve memakan buah dari pohon terlarang
.

49. Succubus
 
Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) dalam mimpi untuk melakukan hubungan seksual sambil menghisap energi mereka hingga kritis atau bahkan sampai meninggal

Succubus sering di kaitkan dan bahkan di samakan dengan lilith 


Menurut "Witches Hammer"...succubus mengumpulkan sperma dari korban pria tersebut dan memberikan kepada incubus untuk membuahi korban wanita sehingga tercipta keturunan. 


Dalam beberapa kepercayaan bahkan di katakan succubus dapat berubah menjadi pria bernama incubus setelah mengumpulkan sperma dari korban pria, malah terkadang succubus di anggap sebagai penyebab mimpi buruk dan sleep paralysis. 


Penampilan fisik biasanya di gambarkan sebagai wanita yang sangat cantik, sayap mirip kelelawar, dan kadang-kadang beberapa spesifik dari demon yaitu tanduk, ekor, taring. Biasanya menguasai pria melalui mimpi dan bahkan ingatan tentang kecantikannya tidak hilang-hilang sehingga membuat si pria jadi linglung. 


50. Imp
 

Imp bisa dibilang sejenis dengan fairy atau iblis. Imp digambarkan sebagai makhluk yang jahil dan kurang berbahaya. Digambarkan sebagai makhluk yang mempunyai tanduk kecil diatas kepala mereka dan sayap kelelawar

Imp digambarkan sebagai makhluk kesepian yang akan melakukan apapun untuk mendapatkan teman, termasuk berbuat baik, tapi tentu cara "berbuat baik" ini dilakukan ala imp 

Nama Imp juga diberikan sebagai roh yang membantu penyihir di abad pertengahan, biasanya imp disimpan didalam artifact seperti gemstone dan dipanggil melalui sihir.
Salah satu imp yang terkenal adalah imp yang dipakai oleh Alchemist Paracelus didalam kristal di pedangnya.
51. Kraken
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiei6MYgMPvE_uwob_k9eGUT8Q1qXbLoGiKvw4y-4RU9Db6MDu4rvr9eAC8CZHapgKDNVFzCVnthrLiRrXTa0K2TDoecJVEHVwMpmyaj9IrMoVJpa4NFLsPKAh2l_qQx8jHKbL8UJlH_Qkj/s1600/kraken.jpg
Kraken adalah seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah.

Kata Kraken sendiri berasal dari Kata "Krake" dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini masih digunakan di dalam bahasa jerman modern untuk merujuk kepada Gurita.


52. Garuda

Garuda adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.



53. Ahool

Ahool adalah hewan seperti kelelawar raksasa atau beberapa menyebutkan seekor Pterodactil yang tinggal di hutan di Pulau Jawa. Beberapa informasi mengatakan bahwa Ahool memiliki panjang sayap sekitar 3 meter. Pertama kali dijelaskan bahwa ia terlihat di gunung Salak.
54. Veo

Veo adalah hewan kriptid asal pulau Rinca dan digambarkan oleh Carl Shuker dalam buku The Beasts That Hide from Man: Seeking the World’s Last Undiscovered Animals mirip Teringgiling tapi ukurannya sebesar kuda.

55.Detya

Dalam bahasa Sanskerta, kata Detya secara harfiah berarti "keturunan Diti." Dalam mitologi Hindu, Detya adalah sejenis makhluk jahat sebangsa raksasa, keturunan Diti dan Bhagawan Kasyapa. Para Detya sering bertikai dengan para Aditya, atau para dewa, meskipun mereka merupakan saudara seayah. Detya yang terkenal adalah Hiranyaksa, Hiranyakasipu, dan Mahabali. Kadangkala, mereka juga disebut Asura.

56. Kappa 
 

Mungkin kamu tidak terlalu kaget saat pertama kali melihat gambar makhluk ini. Bentuknya mirip setan kecil, sering juga disebut monyet air. Seekor Kappa memiliki lekukan di atas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang. Kappa biasanya minum darah, tapi itu tergantung apakah dia baik atau jahat. Kappa suka mentimun, dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi Kappa atau menghindari kesialan, mereka biasanya menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam Kappa. Makhluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji. Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat Jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.

57. Heikegani 
 

Alasan mengapa Heikegani ada di daftar ini adalah karena mereka benar-benar ada. Kepiting Heikegani adalah salah satu spesies artropoda asli Jepang. Asalnya, mitos Jepang menyatakan bahwa kepiting ini menanggung wajah Heike samurai yang tewas dalam pertempuran Dan-no-ura, dan memang tubuh kepiting ini mirip wajah manusia. Carl Saham mengatakan, di masa lalu, orang-orang Jepang hanya memakan kepiting Heikegani yang tidak mirip wajah samurai agar mereka bisa selamat dan mendapat keturunan. Dewasa ini, kebanyakan kepiting ini memiliki tubuh yang menyerupai wajah manusia (meski hanya berdiameter 1 atau 2 inci). Kepiting ini jarang dimakan.

58. Kasa-obake 

 

Kasa-obake adalah jenis Tsukumogami, benda yang tiba-tiba menjadi hidup setelah ada selama 100 tahun. Gagasan tentang benda mati yang tiba-tiba hidup tampaknya masuk akal jika melihat awal mula berbagai cerita rakyat atau legenda. Hal yang aneh tentang Kasa-obake adalah bahwa mereka mempunyai nama mereka sendiri, hanya untuk memisahkan mereka dari Tsukumogami lain. Memang benar, Kasa-obake adalah nama setang payung.


59. Makura-gaeshi 

 

Yang unik dari cerita rakyat Jepang adalah karena makhluk-makhluknya yang suka melakukan hal-hal aneh. Makura-gaeshi adalah roh jahil yang terkenal suka menggeser bantal saat orang tidur. Beberapa sumber mengatakan mereka juga suka menaburkan pasir di mata manusia dan mencuri jiwa, tapi yang paling dikenal dari kejahilan hantu ini adalah suka menggeser bantal. Tidak ada cerita yang menjelaskan seberapa jauh bantal dipindahkan, beberapa sumber menceritakan mereka hanya menjatuhkan bantal tersebut saat pemiliknya tertidur pulas.


60. Konak jiji 

 

Konak jiji adalah makhluk kecil yang jahat. Hantu ini berbentuk bayi dan bersembunyi di daerah pegunungan terpencil menunggu pejalan kaki lewat. Ketika korban sudah di depan mata, Konak jiji mulai menangis, dan pejalan kaki yang punya hati tentu akan mencari dan menghentikan tangisan bayi dengan menghiburnya. Padahal itu adalah kesalahan besar. Saat Konak jiji diangkat, beratnya akan bertambah tak tertahankan. Beberapa sumber mengatakan mereka bisa tumbuh hingga 350 kilogram, cukup untuk membuat kerusakan serius bagi siapa yang mengangkatnya. Terkadang si korban tidak bisa menjatuhkan Konak jiji karena lumpuh. Namun, jika ada yang bisa bertahan dengan berat Konak jiji, hal itu akan memberikan kekuatan gaib.



Part 1-Disini.
Part 3-Disini.


Title: 70 Makhluk Mitologi dari Penjuru Dunia (Part 2)
Posted by:Unknown
Published :2015-07-13T14:28:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
70 Makhluk Mitologi dari Penjuru Dunia (Part 2)

0 Response to "70 Makhluk Mitologi dari Penjuru Dunia (Part 2)"

Posting Komentar